Petani Ambarawa Panen Padi - Ambarawa OnLine
Headlines News :

Indahnya Kebersamaan

Media pemersatu warga Ambarawa lintas Politic, Ekonomi, Sosial, Budaya Pertahanan dan Keamanan.

Mutiara Bangsa

.

Popular Post

Pasarpon Ambarawa adalah pasar hewan terbesar dan terlengkap di Indonesia. Kunjungi www.pasarpon.com , Sudah dapat diakses Via Facebook.
Home » » Petani Ambarawa Panen Padi

Petani Ambarawa Panen Padi

Written By Faris Blog on Senin, 19 November 2012 | 07.24

Sejumlah pekerja tengah memindahkan karung isi gabah hasil panen padi, Sabtu (17/11/2012) di lahan pertanian di Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.


Di tengah banyak petani menunggu hujan ketika memulai tanam padi, petani di Ambarawa dan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, mulai panen padi. Tanaman padi di sepanjang tepi Waduk Rawapening, Banyubiru, Kabupaten Semarang, sudah banyak yang dipanen, Sabtu (17/11/2012).

Budi, petani di Banyubiru, mengatakan, padi baru panen 2-3 hari ini. Karena panen di awal musim tanam, petani menikmati tingginya harga gabah, baik di tingkat petani maupun di penggilingan padi. Harga gabah kering panen sebesar Rp 4.100 per kilogram, untuk gabah kering giling mencapai Rp 4.700 per kilogram.

"Panen awal ini tidak semua padi dijual. Sebagian gabah untuk benih persiapan tanam periode berikutnya," kata Saryo, petani lain di Tuntang, Kabupaten Semarang.
Dengan harga tinggi itu, petani mendapatkan keuntungan Rp 800 sampai Rp 1.600 per kilogram dari harga pasar. Satu hektar lahan bisa menghasilkan 6-7 ton gabah kering panen. Hasil itu tergolong baik, terutama ketika hama tikus masih belum tertangani di kawasan Ambarawa dan sekitarnya.

Editor :
Rusdi Amral
Sumber : Kompas
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Jalan baru (JB)

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ambarawa OnLine - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya